Ini Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Update Teknologi Wireless Headphone

Perkembangan wirelees headphone saat ini di dorong dengan semakin berkembangnya gaya hidup yang menuntut produsen headphone memberikan inovasi yang menunjang era milenial saat ini.


wireless headphone
Sony wh-1000XM3


Pada perhelatan IFA Berlin tahun ini (2018), produsen headphone melakukan perubahan cukup radikal yang menjadikan pasar wireless audio semakin sexy. Dilengkapi dengan USB-C, voice assisstants, dan daya tahan baterai lebih tahan lama, wireless headphone 2018 jadi bikin headphone 2017 layaknya headphone jadul. Berikut updatenya :


USB-C

Sony wh-1000xm3 with usb-c port. 

Saat ini semua wireless headphone dan earphones yang di pamerkan pada perhelatan IFA Berlin 2018 sudah dilengkapi colokan charging USB-C. Contoh paling anyar wireless headphone Sony WH 1000X M3s, yang pasti bikin yang udah punya generasi wireless headphone Sony 1000X sebelumnya bakal nyengir tipis – tipis 😁. 


Selain Sony dengan teknologi USB-C, merk lainnya seperti Sennheiser dengan tipe Momentum True Wireless earbuds dan headphone Beyerdynamic dengan tipe  Lagoon nya juga sudah menggunakan USB-C. Sedangkan Audio Technica masih keukeh dengan MicroUSB, yang cepet atau lambat bakal "insyaf” pake USB-C sebagai standar seperti lainnya.
wireless headphone
Sennheiser Momentum True Wireless. source : sennheiser usa



Voice Assistant

Bose QC35 IIs kyna jadi biang kerok update fitur asisten pribadi (aspri) dengan membuat tombol khusus buat manggil aspri. Sony WH-1000X M3, Sennheiser Momentum True Wireless dan Bayerdynamic Lagoon sekarang sudah dilengkapi aspri dari Siri dan Google (Google assistant)

Ketiga tipe wireless headphone ini bisa dibilang yang paling kasih gambaran kiblat teknologi headphone masa depan. Karena mengandung semua kebaikan bagi kemashlahatan umat audioholics layaknya iklan layanan masyarakat. 

wireless headphone
source sony.com


Saat ini wireless headphone secara sederhana mampu terkoneksi dengan smartphone. Tapi ke depannya akan lebih banyak perusahaan yang akan mencoba menjadikan wireless headphone semakin terintegrasi sebagaimana jam tangan berevolusi menjadi lebih pintar—smartwatch.


Long life The Battery

Sony WH-1000X M3 menjamin 30 jam umur baterai itupun dengan fitur noise cancelling selalu aktif, sedangkan Beyerdynamic Lagoon bertahan seharian—24 jam dengan mode yang sama. Tanpa mode noise cancelling (off), Bayerdynamic Lagoon sanggup bertahan selama 46 jam. Sedangkan dengan mode noise cancelling (off), Sony 1000X mungkin bisa dibilang gak bakal keabisan daya apalagi gaya.  

Selain itu teknologi noise cancelling pada wireless headphone Sony semakin canggih sehingga jauh lebih efektif. Klo ngomongin umur baterai Sennheiser Momentum True Wireless yang ‘cuma’ 12 jam bila dibandingkan Sony dan Beyerdynamic pastinya kok jadinya sebentar banget. Tapi klo dibandingin dengan takaran design dan kenyamanan, Sennheiser T.O.P B.G.T.  Maknyus. Plus untuk sekelas Sennheiser pastinya kualitas suara yang dihasilkan  dan gak perlu diragukan seperti hal nya dengan Sony atau Beyerdynamic. 

So, worth it lha klo 12 jam dengerin musik dengan kualitas audio yang bermutu dan memberikan pengalaman layaknya pacar sndiri—alah  kok ksitu, maksudnya yang langsung klop, nyaman, gak bikin ribet, dan pastinya suara merdu, daripada klo dibandingin dengerin musik kelamaan sampai berpuluh - puluh jam tapi gak nyaman.


 Desain Ciamik

Beberapa tahun lalu melihat bentuk dan design dari jenis headphone yaa gitu – gitu aja, cangkang lebar, kaku, gak pas di kuping, dan terdengar seperti semua dipaksakan, terutama bass yang over dan treble yang tipis. Yaa mirip – mirip hubungan yang terlalu dipaksakan. Aduh 😓

Headphone kekinian semua makin berlomba – lomba biar keliatan stylish, modis, sampai bikin penampilan makin kinyis – kinyis. Headphone seperti Beyerdynamic contoh paling shahih bagaimana desain headphone dibawa ke tingkatan baru. Dengan lampu LED di dalam cangkang headphone yang mengindikasikan status aktif. Gak ada lagi notifikasi biru LED yang kedap – kedip yang bikin baper.
 
wireless headphone
Beyerdynamic Lagoon anc. source : beyerdynamic europe

Ketika kota semakin berkembang, di dukung dengan sarana transportasi yang semakin terintegrasi, akan semakin lebih banyak orang menggunakan sarana transportasi massal hingga perkembangan live streaming (podcasting, vlogging), mendorong teknologi headphone berpacu dengan tuntutan jaman dengan cara yang kita harapkan dari industry teknologi yaitu dengan memberikan inovasi dan kualitas terbaik.

Semoga bermanfaat  🙏

Komentar