Sejarah dan Filosofi Genelec - Ketika Perjuangan Cinta dan Takdir Berjumpa


Kecintaan kita terhadap sesuatu kadang menemui titik temu dengan peluang emas. Namun sering kali datang bersamaan dengan beragam tantangan dan ujiannya. Di situlah gairah, cinta dan keyakinan juga hadir dengan setia.


Untuk menghasilkan sesuatu yang menginspirasi hal pertama yang harus kita miliki yaitu terinspirasi. Dan sebuah inspirasi tidak akan tiba – tiba jatuh ke alam bawah sadar lalu menggerakkan jiwa dan pikiran. Inspirasi datang dari sebuah kecintaan, gairah, maupun pergulatan. Antusiasme dari dua orang mahasiswa ‘nerd’ dari Finlandia terhadap dunia tata suara dan elektronika inilah yang menginspirasi lahirnya salah satu produk active speaker terbaik di dunia, yaitu Genelec, yang tahun ini berusia 40 tahun. Mereka berdua adalah Mr. Ilpo Martikainen dan Mr. Topi Partanen. Tidak pernah terlintas di benak mereka berdua bahwa perusahaan yang awalnya sama sekali tidak dikenal menjadi market leader di bidangnya. Bahkan konsep active speaker yang meraka buat diterima dan di adopsi dunia profesional.



Founder of Genelec at Audio Engineering Society Forum ke 68

Genelec didirikan pada awalnya sebagai jawaban dari pertanyaan dari YLE—Finnish Broadcasting Company, yang sedang membangun stasiun radio baru di Pasila. Pertanyaan seorang teman yaitu Juheni Borenius yang bekerja sebagai acoustician di YLE, kepada Ilpo Martikainen dan Topi Partanen mengenai apakah mereka bisa membuatkan active monitoring speaker, membuka jalan awal penuh perjuangan. Dua minggu kemudian sample pertama selesai. Prototype jauh dari sempurna namun cukup menjanjikan. Tahun 1978, setelah dua tahun R&D penuh keringat, speaker pertama, S30, lahir bersamaan dengan didirikannya perusahaan manufaktur ini. Fasilitas pertama ada di Satamakatu, terletak di basement apartemen seluas 300m2, dan Ilpo tinggal di gedung yang sama di mana ia sering menerima protes dari warga soal suara bising yang mereka dengar tiap malam. 

suara proaudio


Pada saat awal terbentuk yang bekerja hanya empat orang, sehingga pesanan 340 unit speaker dari YLE membutuhkan waktu sepanjang tahun untuk menyelesaikannya. Namun pada saat itu juga memberikan waktu bagi perusahaan dalam mengeksplorasi segala kemungkinan bagaimana perusahaan tetap bisa terus berjalan. Dan ketika kesempatan datang, mereka mulai mengerjakan proyek – proyek sound system, di bawah bendera Genelec Oy, sebagai bagian dari perusahaan dan dijual pada tahun 1983. Proyek pemasangan sound system ini terus berkembang hingga menjadi separuh dari pendapatan perusahaan. Genelec Oy mengerjakan proyek pemasangan sound system di berbagai gedung theatre di Eropa.
suara proaudio

suara proaudio


Hingga pada akhirnya pertanyaan terbesar datang. Siapakah Genelec Oy dan ingin menjadi apa : kontraktor atau produsen speaker? Intuisi datang dengan segala keyakinannya, dan keputusan dibuat : Genelec Oy hanya ingin dikenal sebagai produsen speaker terbaik di bidangnya. 

suara proaudio

suara proaudio


suara proaudio
Penghargaan Bergengsi di Bidang Audio Profesional - TEC  Awards

Sepuluh tahun pertama merupakan perjuangan agar tetap hidup. Sepuluh tahun berikutnya dihabiskan melebarkan kategori produk dan sistemisasi operasi perusahaan. Dekade ketiga membuat produk – produk inovatif terbaru dan memperbaharui produk dan teknologi lama,  juga regenerasi para pekerja. Tantangan dekade keempat saat ini adalah bagaimana menghadapi perubahan pasar dan perkembangan competitor yang mengharuskan Genelec Oy terus mengobservasi dan mempertimbangkan segalanya agar perusahaan  memproduksi produknya tetap di Ilsalmi, Finlandia, di saat kebanyakan perusahaan memindahkan operasional pabriknya di luar negeri. And for the God’s sake, semoga mereka selalu berhasil menjaga produksinya di potongan surga dunianya di Iisalmi. J

suara proaudio
Genelec Headquarter - Iisalmi, Finland



Pengalaman memberikan pelajaran paling berharga. begitu juga dengan Genelec. Baik dan buruk, prinsip dasar tentang produk berkualitas, customer support yang melayani, operasi dan disitribusi yang efisien, telah meletakkan dasar yang solid bagi perusahaan untuk terus maju dan berkembang menatap masa depan. 

Bagi mereka rasa antusiasme, kejujuran, respect dan keadilan merupakan pijakan yang akan tetap menjadi jalan dan petunjuk bagaimana perusahaan terus tumbuh terlepas dari perubahan di dunia. Membawa kebahagiaan bagi kehidupan orang sekitar merupakan falsafah terbaik bahkan di luar kehidupan bisnis.

Dan seperti yang mereka katakan,
And the story continues...





Komentar