Bagaimana Peranan Teknologi Informasi Dalam Membentuk Landscape Industri Audio Visual

Perkembangan industry Audio Visual saat ini tidak dapat dipungkiri semakin IT-sentris. Integrasi audio visual dan teknologi informasi memberikan kemudahan bagi industri A/V dalam menawarkan solusi terbaik bagi customer.



instalasi

Efisiensi biaya segalanya bagi customer, dan perkembangan teknologi informasi ikut mendorong industri Audio Visual memberikan solusi yang selalu dapat menyesuaikan kebutuhan customer tanpa harus menambah infrastruktur, peralatan, juga tanpa harus ribet mengatur segala sesuatunya secara terpisah. 

Dengan solusi Audio Visual system yang terpusat, kebutuhan customer yang senantiasa berubah dapat disesuaikan dengan lebih fleksibel (scalable systems).

Pada awal perkembangannya, ada rasa khawatir dan ketidaknyamanan bahwa teknologi informasi dalam Audio Visual system memberikan kerumitan baru bagi end users dalam proses operasional dan perawatan. Namun, semua itu semakin memudar. 

Perubahan ini karena teknologi informasi memainkan peranan yang sangat besar dalam kehidupan kita saat ini. Mulai dari wireless headphonemusic streaming hingga komunikasi melalui perantara aplikasi (via app-based interface). Penerimaan ini merefleksikan bagaimana industri IT terus bergerak dan membawa industry Audio Visual mengikuti jejaknya.


instalasi
Crestron Automation AV Solution


Kita sudah melihat perkembangan teknologi informasi yang semakin massive terutama perkembangan Big Data dan Internet of Things (IoT), dimana perangkat, orang dan informasi / data terhubung satu sama lain dan meningkatkan efisiensi, akurasi, user experience dan yang paling penting, ekonomis—economic  result. Dan bicara Big Data dan IoT, perkembangan cloud systems punya pengaruh cukup besar pada perkembangan industri Audio Visual.


instalasi
Teknologi Informasi dalam Audio Visual Industri

Industri Audio Visual mulai berkembang menjadi cloud hosting. Digital signage salah satu contoh paling ideal bagi cloud hosted A/V, karena penggunaan dan kebutuhan integrasi Audio Visual system yang sama namun pada lokasi yang berbeda – beda. Mulai dari gedung perkantoran hingga Airport merupakan contoh integrasi audio visual digital signage paling ideal menggunakan cloud systems.

digital signage system
Digital Signage Diagram


Walaupun popularitas perkembangan teknologi IT kaitannya dengan cloud systems dalam A/V industri dimulai melalui digital signage, integrasi Audio Visual  yang lain akan menyusul dengan cepat.


Komentar