Blog ini tidak khususkan bagi siapa pun. Hanya sebagai sarana untuk masyarakat lebih mengenal tentang dunia seputar Professional audio (sound systems, lighting, akustik, recording, dll).. Dengan harapan mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan pro audio di Indonesia.

Senin, 07 Oktober 2013

Bagaimana Cara Kerja Loudspeaker?

Loudspeaker mempunyai berbagai macam bentuk dan ukuran, memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik sewaktu konser, atau mendengarkan upacara dan kotbah keagamaan, mendengarkan earphone/headphone pada iPod Anda, menikmati film di bioskop atau mendengar suara seorang teman melalui telepon, dll.

Untuk mengubah sinyal listrik menjadi suara yang dapat didengar , speaker mengandung elektromagnet: sebuah kumparan logam (coil) menciptakan medan magnet ketika arus listrik mengalir melaluinya.

Di dalam loudspeaker, elektromagnet ditempatkan di depan sebuah magnet permanen. Magnet permanen akan tetap di posisi/tidak bergerak sedangkan elektromagnet akan terus bergerak. Dengan adanya arus listrik yang melalui Coil elektromagnet, arah medan magnet akan berubah dan akan terjadi getaran akibat tarik tolak dari magnet permanen.

Elektromagnet
terhubung dengan Cone yang terbuat dari bahan yang fleksibel yang akan menguatkan getaran ini, memompa gelombang suara ke udara sekitarnya, lalu dapat terdengar di telinga Anda .

Untuk mereproduksi semua frekuensi suara yang berbeda,
di dalam loudspeaker kualitas terbaik biasanya menggunakan Cone ukuran yang berbeda tergantung pada frekuensi tinggi, sedang atau rendah.

Mi
crophone menggunakan mekanisme yang sama dengan Loudspeaker dalam kondisi terbalik untuk mengkonversi suara menjadi sinyal listrik. Bahkan, Anda dapat menggunakan sepasang headphone sebagai microphone! Sudah pernah coba??

Artikel ini dapat dilihat juga di 
-------------------------------------------

Bagian-bagian Loudspeaker :
1 .
Cone
2 . Elektromagnet ( coil )
3 .
Magnet permanen

1 komentar:

  1. menarik sekali informasinya semoga bermanfaat.

    Salam dari kami TOKO TOA

    BalasHapus