Public Address System (PA System)




PUBLIC ADDRESS SYSTEM

PA System merupakan serangkaian sistem distribusi suara melalui elektronik yang mencangkup input (mikrofon), prosesor (amplifier) dan output (loudspeakers).
Biasanya PA System digunakan seseorang di area publik yang luas untuk mengumumkan sesuatu, atau sebagai pemutar background musik dan sistem evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Small System
Untuk sistem yang kecil, PA System digunakan secara sederhana, misal di klinik, spa, small bar / kafe, small outlet, auditorium sekolah, tempat ibadah, dll.
untuk inputnya biasaya ditambah dengan dvd / mp3 / ipod player untuk memutar musik sehingga bisa terdengar di seluruh area. Untuk ampli, memerlukan power yang disesuaikan dengan kebutuhan keseluruhan sistem speaker. dan untuk speaker sendiri biasanya lebih sederhana, karena tidak memerlukan zoning yang berbeda-beda.



Large System
Secara teori, penggunaan PA System pada sistem yang lebih luas akan lebih rumit karena area yang lebih luas. Terdapat zona dimana misalkan area tertentu ingin terdengar sedangkan area lainnya tidak ingin terdengar suaranya. Penggunaan power amplifier yang lebih besar karena banyaknya loudspeaker. Beda area maka berbeda pula jenis loudspeaker. Alur instalasi kabel yang lebih rumit. Pengaturan dengan sistem yang rumit tersebut merupakan tugas yang lebih berat untuk seorang installer untuk menyederhanakan sistem sehingga sistem tersebut dapat dioperasikan dengan lebih mudah.

Contoh penggunaan large system dalam PA System yaitu kampus, sekolah, mall, gedung, pabrik, area wisata, area olahraga, dll.

PA System dengan menggunakan IP
Jika dalam penerapannya PA System terkendala jarak atau ruang yang berbeda dan jauh, PA System dapat menggunakan IP. Misalkan dalam suatu komplek perusahaan terdapat beberapa gedung yang berbeda, maka untuk mengintegrasikan system tersebut dapat menggunakan IP. Sehingga untuk kontrol sistem yang ada bisa dilakukan dalam satu ruang kontrol saja untuk mengkontrol beberapa sistem di beberapa gedung.



Large Venue System
Merupakan penggunaan dari sound system untuk konser musik. Akan dibahas kemudian karena akan berbeda dalam systemnya dengan PA System.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang PA System? dapat menghubungi System Specialist kami di solution@suaraproaudio.com

Komentar

Posting Komentar