Suara dan Indera Pendengaran ??



Apa yang unik dari indera pendengaran manusia dibanding indera lain seperti indera penglihatan, perasa, atau sentuhan??

'Suara' yang kita dengar tidak hanya ditafsirkan sebagai informasi, tapi juga memberikan effect langsung kepada emosi kita, dan pada akhirnya memberikan pengaruhnya akan keberadaan kita sebagai manusia. Bagaimana melalui bahasa dan musik kita menyuarakan perasaan, juga berbagi emosi kita.


Indera pendengaran kita dilengkapi dengan"algoritma" yang memberitahukan segera jika asa sinyal bila ada masalah di depan, atau bahkan tanda bahaya. Bagaimana kita seakan dapat 'melihat' seseorang hanya melalui percakapan di ujung telepon atau bahkan 'merasakan' kejujuran/kebohongan seseorang melalui suara yang kita dengar. Juga, bagaimana berkembangnya berbagai macam jenis musik, dan mengapa kita cenderung lebih suka terhadap jenis musik tertentu dan tida menyukai lainnya. Seakan-akan (atau ternyata memang) indera pendengaran kita mengalami proses evolusi sejak jaman purba.

Kita mungkin tidak pernah sepenuhnya memahami algoritma ini, tapi kita tidak pernah bosan belajar tentang suara dan dampaknya pada kehidupan kita, dan menemukan lebih banyak tentang suara dan indera pendengaran kita setiap saat ..

Komentar